RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata
pelajaran
:
Pendidikan Agama Kristen
Satuan
Pendidikan
:
SMK Negeri ___
Kelas/Semester
:
XI/1
Tahun
Pelajaran
:
2016-2017
Standar
Kompetensi
Merespon
nilai-nilai kristiani yang diperhadapkan dengan gaya hidup modern serta
perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) dan menjelaskan cara
mewujudkannya dalam kehidupan sehari-hari.
Kompetensi
Dasar
Mengidentifikasi
dan mewujudkan nilai-nilai kristiani
Indicator
Mengidentifikasi
ruang lingkup nilai secara umum
Nilai
Karakter Bangsa
Religious,
jujur, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, rasa ingn tahu, nersahabat,
tanggung jawab
Alokasi
Waktu
4 x 40 menit
(2 Pertemuan)
Tujuan
Pembelajaran
Ø Menjelaskan arti kata Norma
Ø Menjelaskan makna Susila
Ø Menjelaskan makna Etika
Ø Mnejelaskan makna Moral
Ø Menjelaskan makna potensi
Ø Mnejelaskan hubungan norma, susila,
etika, moral dan potensi.
Ø Menjelaskan arti nilai.
Ø Mnejelaskan fungsi nilai
Ø Menjelaskan hakikat nilai
Ø Menjelaskan tujuan nilai.
Ø Mengelompokkan nilai-nilai ke dalam
beberapa bagian menurut kadarnya.
Ø Menyebutkan contoh-contoh masing-masing
nilai menurut kadarnya.
Ø Mengelompokkan nilai-nilai ke dalam
beberapa bagian menurut tempat berlakunya.
Ø Menyebutkan contoh-contoh
masing-masing nilai menurut tempat berlakunya.
Ø Menjelaskan system nilai dalam
memenuhi kebutuhan manusia.
Materi
Pembelajaran
Makna dan
Hakikat Nilai
Metode
Pembelajaran
1.
Pendekatan
Pembelajaran
Pendekatan
proses, kontekstual, pembelajaran langsung, pemecahan masalah.
2.
Metode
Ceramah,
Tanya-jawab, Diskusi,
Langkah-langkah
Kegiatan
Pertemuan 1:
Tahap Kegiatan
|
Kegiatan Siswa/Guru
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
· Membuka pertemuan dengan kebaktian
singkat
· Memeriksa kehadiran siswa dan
mengumpulkan Buku Bukti Mengikuti Ibadah Minggu.
· Mengadakan apersepsi.
|
10
|
Kegiatan Inti
|
· Guru menjelaskan arti kata norma
· Guru menjelaskan makna susila,
etika, potensi dan moral.
· Guru menjelaskan hubungan semua
itu.
· Guru menjelaskan arti nilai.
· Guru menjelaskan hakikat nilai.
· Guru mnejelaskan tujuan nilai.
|
60
|
Kegiatan Penutup
|
· Guru menyimpulkan hasil
pembelajaran.
· Salah seorang siswa membawakan doa
penutup.
|
10
|
Pertemuan 2
Tahap Kegiatan
|
Kegiatan Siswa/Guru
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
· Membuka pertemuan dengan kebaktian
singkat
· Memeriksa kehadiran siswa dan
mengumpulkan Buku Bukti Mengikuti Ibadah Minggu.
· Mengadakan apersepsi.
|
10
|
Kegiatan Inti
|
· Sisa mengelompokkan nilai-nilai ke
dalam beberapa bagian menurut kadarnya.
· Siswa menyebutkan contoh-contoh
masing-masing nilai menurut kadarnya.
· Guru menjelaskan nilai-nilai ke
dalam beberapa kelompok.
· Siswa menyebutkan contoh-contoh
masing-masing nilai menurut tempat berlakunya.
· Guru menjelaskan system nilai
dalam memenuhi kebutuhan manusia.
|
60
|
Kegiatan Penutup
|
· Guru menyimpulkan hasil
pembelajaran.
· Salah seorang siswa membawakan doa
penutup.
|
10
|
Sumber,
Bahan dan Alat
1.
Sumber
a.
Alkitab
b. Buku PAK kelas XI Penerbit Cipta
Sarana Mandiri
c.
Buku PAK
kelas XI Penerbit Mitra
d. Dewasa Dalam Kristus, SLTA kelas 2
Penerbit Bina Medan Informasi
e. Suluh Siswa 2 Bertumbuh Dalam
Kristus kelas 11 Penerbit BPK Gunung Mulia.
f.
Teladan
Kehidupan 2 PAK SMA kelas XI penerbit ANDI
2.
Bahan
Lembar
Kerja, Hasil Kerja Siswa, Bahan Presentasi
3.
Alat
Majalah, LCD
dan Komputer, TV dan kidung Jemaat
Penilaian
Indicator
|
Jenis Instrumen
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
Mengidentifikasi
hal-hal yang berkaitan dengan pacaran
|
Tugas kelompok
|
Dokumentasi
|
Buatlah makalah “Pacaran adalah Persahabatan”
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata
pelajaran
:
Pendidikan Agama Kristen
Satuan
Pendidikan
:
SMK Negeri ___
Kelas/Semester
:
XI/1
Tahun
Pelajaran
:
2016-2017
Standar
Kompetensi
Merespon
nilai-nilai kristiani yang diperhadapkan dengan gaya hidup modern serta
perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) dan menjelaskan cara
mewujudkannya dalam kehidupan sehari-hari.
Kompetensi
Dasar
Mengidentifikasi
dan mewujudkan nilai-nilai kristiani
Indicator
Mengidentifikasi
makna norma secara umum dan khusus
Nilai
Karakter Bangsa
Religious,
jujur, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, rasa ingn tahu, nersahabat,
tanggung jawab
Alokasi
Waktu
6 x 40 menit
(3 Pertemuan)
Tujuan
Pembelajaran
Ø Menjelaskan keberadaan agama Kristen
di tengah zaman modern ini.
Ø Menjelaskan kedudukan zaman modern
terhadap agama Kristen.
Ø Mengurutkan contoh-contoh tindakan
modernisasi oleh tokoh-tokoh Alkitab.
Ø Menjelaskan dampak modernisasi
terhadap gaya hidup sehari-hari.
Ø Menjelaskan paham-paham yang sering
dianut manusia pada zaman modern ini.
Ø Menjelaskan pandangan alkitab
terhadap paham-paham yang sering dianut manusia zaman modern ini.
Materi
Pembelajaran
Konsep Norma
Secara Umum dan Khusus (Norma Kristen)
Metode
Pembelajaran
1.
Pendekatan
Pembelajaran
Pendekatan
proses, kontekstual, pembelajaran langsung, pemecahan masalah.
2.
Metode
Ceramah,
Tanya-jawab, Diskusi,
Langkah-langkah
Kegiatan
Pertemuan 1:
Tahap Kegiatan
|
Kegiatan Siswa/Guru
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
· Membuka pertemuan dengan kebaktian
singkat
· Memeriksa kehadiran siswa dan
mengumpulkan Buku Bukti Mengikuti Ibadah Minggu.
· Mengadakan apersepsi.
|
10
|
Kegiatan Inti
|
· Guru bertanya kepada siswa tentang
pengertian norma
· Siswa menjawab guru.
· Guru menjelaskan arti norma secara
umum dan khusus.
· Siswa mendiskusikan contoh-contoh
masing-masing dari setiap norma secara umum dan khusus.
|
60
|
Kegiatan Penutup
|
· Guru menyimpulkan hasil
pembelajaran.
· Salah seorang siswa membawakan doa
penutup.
|
10
|
Pertemuan 2
Tahap Kegiatan
|
Kegiatan Siswa/Guru
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
· Membuka pertemuan dengan kebaktian
singkat
· Memeriksa kehadiran siswa dan mengumpulkan
Buku Bukti Mengikuti Ibadah Minggu.
· Mengadakan apersepsi.
|
10
|
Kegiatan Inti
|
· Siswa menyebutkan macam-macam
norma.
· Guru menjelaskan arti norma
kekristenan.
· Siswa mendiskusikan contoh-contoh
norma kekristenan.
· Guru menggambarkan titik singgung
nilai kekristenan dengan norma.
· Siswa menggambarkan titik singgung
nilai kekristenan dengan norma.
|
60
|
Kegiatan Penutup
|
· Guru menyimpulkan hasil
pembelajaran.
· Salah seorang siswa membawakan doa
penutup.
|
10
|
Pertemuan 3
Tahap Kegiatan
|
Kegiatan Siswa/Guru
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
· Membuka pertemuan dengan kebaktian
singkat
· Memeriksa kehadiran siswa dan
mengumpulkan Buku Bukti Mengikuti Ibadah Minggu.
· Mengadakan apersepsi.
|
10
|
Kegiatan Inti
|
· Siswa mendiskusikan bentuk-bentuk
nilai yang dianut manusia, contoh-contohnya.
· Guru menjelaskan bentuk-bentuk
nilai yang dianut manusia.
· Guru menjelaskan beberapa nilai
yang sering dianut manusia.
· Siswa menyebutkan contoh-contoh
dari nilai-nilai yang sering dianut manusia.
· Siswa mengungkapkan sikap yang
baik untuk membangun nilai.
· Guru menyebutkan hal-hal yang
dapat dilakukan untuk membangun nilai.
|
60
|
Kegiatan Penutup
|
· Guru menyimpulkan hasil
pembelajaran.
· Salah seorang siswa membawakan doa
penutup.
|
10
|
Sumber,
Bahan dan Alat
1.
Sumber
a.
Alkitab
b. Buku PAK kelas XI Penerbit Cipta
Sarana Mandiri
c.
Buku PAK
kelas XI Penerbit Mitra
d. Dewasa Dalam Kristus, SLTA kelas 2
Penerbit Bina Medan Informasi
e. Suluh Siswa 2 Bertumbuh Dalam
Kristus kelas 11 Penerbit BPK Gunung Mulia.
f.
Teladan
Kehidupan 2 PAK SMA kelas XI penerbit ANDI
2.
Bahan
Lembar
Kerja, Hasil Kerja Siswa, Bahan Presentasi
3.
Alat
Majalah, LCD
dan Komputer, TV dan kidung Jemaat
Penilaian
Indicator
|
Jenis Instrumen
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
Mengidentifikasi
makna norma secara umum dan khusus
|
Pertanyaan Lisan di kelas
|
Uraian Bebas
|
1.
Apa arti
norma?
2.
Apa arti
norma kekristenan?
3.
Apakah
nilai yang sering dianut manusia?
|
Tugas individu
|
Penugasan
|
1.
Menggambarkan
bagan titik singgung norma dengan nilai kekristenan.
2.
Menyebutkan
contoh-contoh nilai yang sering dianut manusia!
|
|
Ulangan Harian
|
Uraian Terbatas
|
1.
Sebutkan
arti, fungsi, hakikat, tujuan nilai!
2.
Gambarkanlah
system nilai untuk memenuhi kebutuhan manusia!
3.
Sebutkan
arti norma!
4.
Sebutkan
makna norma kekristenan!
5.
Sebutkan
beberapa nilai yang sering dianut manusia.
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata
pelajaran
:
Pendidikan Agama Kristen
Satuan
Pendidikan
:
SMK Negeri ___
Kelas/Semester
:
XI/1
Tahun
Pelajaran
:
2016-2017
Standar
Kompetensi
Merespon
nilai-nilai kristiani yang diperhadapkan dengan gaya hidup modern serta
perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) dan menjelaskan cara
mewujudkannya dalam kehidupan sehari-hari.
Kompetensi
Dasar
Mewujudkan
nilai-nilai kristiani dalam pergaulan antar pribadi dan sosial
Indicator
Mengidentifikasi
jenis-jenis nilai dalam agama Kristen
Nilai
Karakter Bangsa
Religious,
jujur, kerja keras, kreatif, mandiri, rasa ingin tahu, bersahabat/komunikatif,
peduli social, tanggung jawab
Alokasi
Waktu
6 x 40 menit
(3 Pertemuan)
Tujuan Pembelajaran
Ø Menjelaskan nilai keselamatan Allah
merupakan dasar dari nilai-nilai kristiani.
Ø Menjelaskan 4 hal penting dalam
kerangka sejarah penyelamatan Allah.
Ø Menentukan sikap untuk menghargai
nilai-nilai kristiani sebagai tanggapan atas penyelamatan Allah.
Ø Menjelaskan pengertian nilai-nilai
kristiani.
Ø Menjelaskan jenis-jenis nilai dalam
agama Kristen.
Ø Mengadakan permainan skala sikap
tentang buah-buah roh.
Materi
Pembelajaran
Pengertian
dan jenis-jenis Nilai Dalam Agama Kristen
Metode
Pembelajaran
1.
Pendekatan
Pembelajaran
Pendekatan
proses, kontekstual, pembelajaran langsung, pemecahan masalah.
2.
Metode
Ceramah,
Tanya-jawab, Diskusi,
Langkah-langkah
Kegiatan
Pertemuan 1:
Tahap Kegiatan
|
Kegiatan Siswa/Guru
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
· Membuka pertemuan dengan kebaktian
singkat
· Memeriksa kehadiran siswa dan
mengumpulkan Buku Bukti Mengikuti Ibadah Minggu.
· Mengadakan apersepsi.
|
10
|
Kegiatan Inti
|
· Guru menjelaskan nilai keselamatan
Allah merupakan dasar dari nilai-nilai kristiani.
· Guru menjelaskan 4 hal penting
dalam kerangka sejarah penyelamatan Allah
|
60
|
Kegiatan Penutup
|
· Guru menyimpulkan hasil
pembelajaran.
· Salah seorang siswa membawakan doa
penutup.
|
10
|
Pertemuan 2
Tahap Kegiatan
|
Kegiatan Siswa/Guru
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
· Membuka pertemuan dengan kebaktian
singkat
· Memeriksa kehadiran siswa dan
mengumpulkan Buku Bukti Mengikuti Ibadah Minggu.
· Mengadakan apersepsi.
|
10
|
Kegiatan Inti
|
· Siswa mendiskusikan sikap yang
baik untuk menghargai nilai-nilai kristiani sebaga tanggapan atas
penyelamatan Allah.
· Guru menjelaskan sikap untuk
menghargai nilai-nilai kristiani sebagai tanggapan atas penyelamatan Allah.
|
60
|
Kegiatan Penutup
|
· Guru menyimpulkan hasil
pembelajaran.
· Salah seorang siswa membawakan doa
penutup.
|
10
|
Pertemuan 3
Tahap Kegiatan
|
Kegiatan Siswa/Guru
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
· Membuka pertemuan dengan kebaktian
singkat
· Memeriksa kehadiran siswa dan
mengumpulkan Buku Bukti Mengikuti Ibadah Minggu.
· Mengadakan apersepsi.
|
10
|
Kegiatan Inti
|
· Guru menjelaskan jenis-jenis nilai
dalam agama Kristen.
· Siswa mengadakan permainan skala
sikap tentang buah-buah roh.
· Siswa menentukan sikap yang baik
sebagai tanggapan dalam menghargai nilai-nilai kristiani.
|
60
|
Kegiatan Penutup
|
· Guru menyimpulkan hasil
pembelajaran.
· Salah seorang siswa membawakan doa
penutup.
|
10
|
Sumber,
Bahan dan Alat
1.
Sumber
a.
Alkitab
b. Buku PAK kelas XI Penerbit Cipta
Sarana Mandiri
c.
Buku PAK
kelas XI Penerbit Mitra
d. Dewasa Dalam Kristus, SLTA kelas 2
Penerbit Bina Medan Informasi
e. Suluh Siswa 1 Bertumbuh Dalam
Kristus kelas 11 Penerbit BPK Gunung Mulia.
f.
Teladan
Kehidupan 2 PAK SMA kelas XI penerbit ANDI
2.
Bahan
Lembar
Kerja, Hasil Kerja Siswa, Bahan Presentasi
3.
Alat
Majalah, LCD
dan Komputer, TV dan kidung Jemaat
Penilaian
Indicator
|
Jenis Instrumen
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
Mengidentifikasi
jenis-jenis nilai dalam agama Kristen
|
Tugas Individu
|
Penugasan
|
Tuliskanlah sikap sebagai tanggapan atas
penyelamatan Allah.
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata
pelajaran
:
Pendidikan Agama Kristen
Satuan
Pendidikan
:
SMK Negeri ___
Kelas/Semester
:
XI/1
Tahun
Pelajaran
:
2016-2017
Standar
Kompetensi
Merespon
nilai-nilai kristiani yang diperhadapkan dengan gaya hidup modern serta
perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) dan menjelaskan cara
mewujudkannya dalam kehidupan sehari-hari.
Kompetensi
Dasar
Mewujudkan
nilai-nilai kristiani dalam pergaulan antar pribadi dan sosial
Indicator
Mempraktekkan
nilai-nilai kristiani dalam praktek kehidupan secara nyata
Nilai
Karakter Bangsa
Religious,
jujur, kerja keras, kreatif, mandiri, rasa ingin tahu, bersahabat/komunikatif,
peduli social, tanggung jawab
Alokasi
Waktu
4 x 40 menit
(2 Pertemuan)
Tujuan
Pembelajaran
Ø Menjelaskan bahwa menjadi orang
Kristen adalam serupa dengan Kristus.
Ø Menjelaskan hal-hal yang dapat
dilakukan sebagai bentuk pengungkapan nilai-nilai kristiani.
Ø Menjelaskan makna memiliki tujuan
yang benar dan baik.
Ø Menjelaskan makna memiliki kebebasan
yang bertanggung jawab.
Ø Menjelaskan makna menyadari dirinya
sebagai makhluk individu dan social.
Ø Menjelaskan makna berpikir positif.
Ø Menjelaskan makna hidup dalam
kesejatian.
Ø Menjelaskan makna hidup dalam
kewajaran.
Ø Menjelaskan makna memiliki rasa
percaya diri.
Ø Menjelaskan makna selalu bersyukr
dan bersukacita.
Ø Menjelaskan makna jujur dapat
dipercaya dan selalu menepati janji.
Ø Menjelaskan makna tidak mudah putus
asa.
Ø Menjelaskan makna berpikir kreatif
dan berimajinasi konstruktif.
Ø Menjelaskan makna kesalahan dan
mengucapkan terima kasih (menciptakan perdamaian).
Materi
Pembelajaran
Nilai-nilai
Kristiani Dalam Praktek Kehidupan Secara Nyata
Metode
Pembelajaran
1.
Pendekatan
Pembelajaran
Pendekatan
proses, kontekstual, pembelajaran langsung, pemecahan masalah.
2.
Metode
Ceramah,
Tanya-jawab, Diskusi,
Langkah-langkah
Kegiatan
Pertemuan 1:
Tahap Kegiatan
|
Kegiatan Siswa/Guru
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
· Membuka pertemuan dengan kebaktian
singkat
· Memeriksa kehadiran siswa dan
mengumpulkan Buku Bukti Mengikuti Ibadah Minggu.
· Mengadakan apersepsi.
|
10
|
Kegiatan Inti
|
· Guru menjelaskan bahwa menjadi
orang Kristen adalah serupa dengan Kristus.
· Guru menjelaskan hal-hal yang
dapat dilakukan sebagai bentuk pengungkapan nilai-nilai kristiani.
· Guru menjelaskan makna memiliki
tujuan yang benar dan baik.
· Guru menjelaskan makna memiliki
kebebasan yang bertanggung jawab.
· Guru mnjelaskan makna menyadari
dirinya sebagai makhluk individu dan social.
· Guru menjelaskan makna berpikir
positif.
· Guru menjelaskan makna hidup dalam
kesejatian.
· Guru menjelaskan makna hidup dalam
kewajaran.
· Guru menjelaskan makna memiliki
rasa percaya diri.
|
60
|
Kegiatan Penutup
|
· Guru menyimpulkan hasil
pembelajaran.
· Salah seorang siswa membawakan doa
penutup.
|
10
|
Pertemuan 2
Tahap Kegiatan
|
Kegiatan Siswa/Guru
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
· Membuka pertemuan dengan kebaktian
singkat
· Memeriksa kehadiran siswa dan
mengumpulkan Buku Bukti Mengikuti Ibadah Minggu.
· Mengadakan apersepsi.
|
10
|
Kegiatan Inti
|
· Guru menjelaskan makna selalu
bersyukur dan bersukacita.
· Guru menjelaskan makna jujur dapat
dipercaya dan selalu menepati janji.
· Guru menjelaskan makna tidak mudah
putus asa.
· Guru menjelaskan makna berpikir
kreatf dan konstruktif.
· Guru menjelaskan makna kesalahan
dan mengucapkan terima kasih.
· Guru dan siswa sama-sama
menyimpulkan hal-hal yang dapat dilakukan sebagai bentuk pengungkapan
nilai-nilai kristiani.
|
60
|
Kegiatan Penutup
|
· Guru menyimpulkan hasil
pembelajaran.
· Salah seorang siswa membawakan doa
penutup.
|
10
|
Sumber,
Bahan dan Alat
1.
Sumber
a.
Alkitab
b. Buku PAK kelas XI Penerbit Cipta
Sarana Mandiri
c.
Buku PAK kelas
XI Penerbit Mitra
d. Dewasa Dalam Kristus, SLTA kelas 2
Penerbit Bina Medan Informasi
e. Suluh Siswa 1 Bertumbuh Dalam
Kristus kelas 11 Penerbit BPK Gunung Mulia.
f.
Teladan
Kehidupan 2 PAK SMA kelas XI penerbit ANDI
2.
Bahan
Lembar
Kerja, Hasil Kerja Siswa, Bahan Presentasi
3.
Alat
Majalah, LCD
dan Komputer, TV dan kidung Jemaat
Penilaian
Indicator
|
Jenis Instrumen
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
Mempraktekkan
nilai-nilai Kristiani dalam praktek kehidupan secara nyata
|
Tugas Individu
|
Sikap
|
Terlampir 3
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata
pelajaran
:
Pendidikan Agama Kristen
Satuan
Pendidikan
:
SMK Negeri ___
Kelas/Semester
:
XI/1
Tahun
Pelajaran
:
2016-2017
Standar
Kompetensi
Merespon
nilai-nilai kristiani yang diperhadapkan dengan gaya hidup modern serta
perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) dan menjelaskan cara
mewujudkannya dalam kehidupan sehari-hari.
Kompetensi
Dasar
Mewujudkan
nilai-nilai kristiani dalam pergaulan antar pribadi dan sosial
Indicator
Meneledani
nilai-nilai para Tokoh Alkitab
Nilai
Karakter Bangsa
Religious,
jujur, kerja keras, kreatif, mandiri, rasa ingin tahu, bersahabat/komunikatif,
peduli social, tanggung jawab
Alokasi
Waktu
6 x 40 menit
(3 Pertemuan)
Tujuan
Pembelajaran
Ø Menyebutkan tokoh-tokoh Alkitab yang
dapat menjadi contoh tindakan nilai dari Perjanjian Lama.
Ø Menyebutkan tokoh-tokoh Alkitab
Perjanjian Baru yang dapat jadi contoh-contoh tindakan nilai.
Ø Mendiskusikan tindakan nilai oleh
para tokoh Alkitab yang memiliki sisi positif.
Ø Mendiskusikan tindakan nilai oleh
para tokoh Alkitab yang memiliki sisi negative.
Ø Meneladani tindakan para tokoh
Alkitab yang bersisi positif.
Ø Menjelaskan tindakan yang dapat
dilakukan dalam menjalankan kehidupan
Materi
Pembelajaran
Contoh-contoh
Tindakan Para Tokoh Alkitab Terhadap Nilai
Metode
Pembelajaran
1.
Pendekatan
Pembelajaran
Pendekatan
proses, kontekstual, pembelajaran langsung, pemecahan masalah.
2.
Metode
Ceramah,
Tanya-jawab, Diskusi,
Langkah-langkah
Kegiatan
Pertemuan 1:
Tahap Kegiatan
|
Kegiatan Siswa/Guru
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
· Membuka pertemuan dengan kebaktian
singkat
· Memeriksa kehadiran siswa dan
mengumpulkan Buku Bukti Mengikuti Ibadah Minggu.
· Mengadakan apersepsi.
|
10
|
Kegiatan Inti
|
· Siswa mencari contoh-contoh tokoh Alkitab
yang dapat diteladani dari tindakan nilai.
· Guru dan siswa menyebutkan
nama-nama Tokoh Alkitab yang dapat diteladani dari sisi positif dan negative.
|
60
|
Kegiatan Penutup
|
· Guru menyimpulkan hasil
pembelajaran.
· Salah seorang siswa membawakan doa
penutup.
|
10
|
Pertemuan 2
Tahap Kegiatan
|
Kegiatan Siswa/Guru
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
· Membuka pertemuan dengan kebaktian
singkat
· Memeriksa kehadiran siswa dan
mengumpulkan Buku Bukti Mengikuti Ibadah Minggu.
· Mengadakan apersepsi.
|
10
|
Kegiatan Inti
|
· Siswa mendiskusikan tindakan nilai
para tokoh Alkitab yang dapat menjadi conoth yang baik.
· Guru menjelaskan tindakan yang
dapat dilakukan dalam menjalankan kehidupan.
|
60
|
Kegiatan Penutup
|
· Guru menyimpulkan hasil
pembelajaran.
· Salah seorang siswa membawakan doa
penutup.
|
10
|
Sumber,
Bahan dan Alat
1.
Sumber
a.
Alkitab
b. Buku PAK kelas XI Penerbit Cipta
Sarana Mandiri
c.
Buku PAK
kelas XI Penerbit Mitra
d. Dewasa Dalam Kristus, SLTA kelas 2
Penerbit Bina Medan Informasi
e. Suluh Siswa 1 Bertumbuh Dalam
Kristus kelas 11 Penerbit BPK Gunung Mulia.
f.
Teladan
Kehidupan 2 PAK SMA kelas XI penerbit ANDI
2.
Bahan
Lembar
Kerja, Hasil Kerja Siswa, Bahan Presentasi
3.
Alat
Majalah, LCD
dan Komputer, TV dan kidung Jemaat
Penilaian
Indicator
|
Jenis Instrumen
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
Mempraktekkan
nilai-nilai Kristiani dalam praktek kehidupan secara nyata
|
Tugas Individu
|
Sikap
|
Terlampir 3
|