RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata
pelajaran
:
Pendidikan Agama Kristen
Satuan
Pendidikan :
SMK Negeri ___
Kelas/Semester
:
X/1
Tahun
Pelajaran
:
2016-2017
Standar
Kompetensi
Mewujudkan
nilai-nilai kristiani dalam pergaulan antar pribadi dan kehidupan social dengan
menunjukkan bahwa remaja Kristen bertumbuh sebagai pribadi dewasa dan tidak
kehilangan identitas.
Kompetensi
Dasar
Mengalami
proses pertumbuhan sebagai pribadi yang dewasa dan memiliki karakter yang kokoh
dengan pola pikir komprehensif dalam segala aspek.
Indicator
Menjelaskan
proses remaja bertumbuh menjadi dewasa dengan perubahan-perubahan dalam segala
aspek.
Nilai
Karakter Bangsa
Religious,
Jujur, Disiplin, Kerja keras, Bersahabat/Komunikatif.
Alokasi
Waktu
2 x 40 menit
(1 Pertemuan)
Tujuan
Pembelajaran
Ø Menyebutkan pengertian proses
pertumbuhan dewasa.
Ø Menyebutkan pengertian pribadi yang
dewasa.
Ø Menjelaskan beberpa perubahan yang
harus dialami oleh seorang remaja.
Ø Mendiskusikan contoh-contoh
perubahan yang dialami remaja secara fisik.
Ø Mendiskusikan contoh-contoh
perubahan yang dialami remaja dalam aspek social.
Ø Mendiskusikan contoh-contoh
perubahan yang dialami remaja dalam aspek intelektual.
Ø Mendiskusikan contoh-contoh
perubahan yang dialami remaja dalam aspek emosional
Materi
Pembelajaran
Proses dan
Pribadi yang Dewasa
Metode
Pembelajaran
1.
Pendekatan
Pembelajaran
Pendekatan
proses, kontekstual, pembelajaran langsung, pemecahan masalah.
2.
Metode
Ceramah,
Tanya-jawab, Diskusi,
Langkah-langkah
Kegiatan
Pertemuan 1:
Tahap Kegiatan
|
Kegiatan Siswa/Guru
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
· Membuka pertemuan dengan kebaktian
singkat
· Memeriksa kehadiran siswa dan
mengumpulkan Buku Bukti Mengikuti Ibadah Minggu.
· Mengadakan apersepsi.
|
10
|
Kegiatan Inti
|
· Guru bertanya tentang pengertian
proses pertumbuhan dewasa.
· Guru menjelaskan pengertian proses
pertumbuhan dewasa dan pengertian pribadi yang dewasa.
· Guru menjelaskan beberapa
perubahan yang harus dialami seorang remaja.
· Guru membagi siswa dalam beberapa
kelompok.
· Guru memberian tugas untuk
didiskusikan oleh setiap kelompok.
· Siswa melaporkan hasil diskusinya
kepada guru.
· Guru menjelaskan beberapa
perubahan yang harus dialami oleh seorang remaja.
|
60
|
Kegiatan Penutup
|
· Guru menyimpulkan hasil
pembelajaran.
· Salah seorang siswa membawakan doa
penutup.
|
10
|
Sumber,
Bahan dan Alat
1.
Sumber
a.
Alkitab
b. Buku PAK kelas X Penerbit Cipta
Sarana Mandiri
c.
Buku PAK
kelas X Penerbit Mitra
d. Dewasa Dalam Kristus, SLTA kelas 1
Penerbit Bina Medan Informasi
e. Suluh Siswa 1 Bertumbuh Dalam
Kristus kelas 10 Penerbit BPK Gunung Mulia.
f.
Teladan
Kehidupan 1 PAK SMA kelas X penerbit ANDI
2.
Bahan
Lembar
Kerja, Hasil Kerja Siswa, Bahan Presentasi
3.
Alat
Majalah, LCD
dan Komputer, TV dan kidung Jemaat
Penilaian
Indicator
|
Jenis Instrumen
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
Menjelaskan
proses remaja bertumbuh menjadi dewasa dengan perubahan-perubahan dalam
segala aspek
|
Tugas Kelompok
|
Observasi
|
Mengamati perubahan-perubahan yang terjadi dalam
diri remaja!
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata
pelajaran
:
Pendidikan Agama Kristen
Satuan
Pendidikan
:
SMK Negeri ___
Kelas/Semester
:
X/1
Tahun
Pelajaran
:
2016-2017
Standar
Kompetensi
Mewujudkan
nilai-nilai kristiani dalam pergaulan antar pribadi dan kehidupan social dengan
menunjukkan bahwa remaja Kristen bertumbuh sebagai pribadi dewasa dan tidak
kehilangan identitas.
Kompetensi
Dasar
Mengalami
proses pertumbuhan sebagai pribadi yang dewasa dan memiliki karakter yang kokoh
dengan pola pikir komprehensif dalam segala aspek.
Indicator
Mengidentifikasi
cirri-ciri kepribadian remaja
Nilai
Karakter Bangsa
Religious,
Jujur, Disiplin, Kerja keras, Bersahabat/Komunikatif.
Alokasi
Waktu
4 x 40 menit
(2 Pertemuan)
Tujuan
Pembelajaran
Ø Menginstropeksi diri tentang
cirri-ciri umum kepribadian yang ada pada dirinya baik dari aspek fisik,
social, emosi, intelektual, dan moral-spritual.
Ø Menyebutkan minat rekreasi remaja
yang sering nampak.
Ø Menyebutkan minta social remaja yang
seringa nampak pada remaja.
Ø Menjelaskan keadaan hubungan remaja dengan
anggota-anggota keluarga lainnya.
Ø Menyebutkan sebab-sebab umum
pertentangan remaha dengan anggota keluarga lainnya.
Ø Menjelaskan konsekuensi yang
diterima remaja dalam usaha memperbaiki kepribadian
Materi
Pembelajaran
Ciri-ciri
Umum Minat dan Faktor Pertentangan Remaja
Metode
Pembelajaran
1.
Pendekatan
Pembelajaran
Pendekatan
proses, kontekstual, pembelajaran langsung, pemecahan masalah.
2.
Metode
Ceramah,
Tanya-jawab, Diskusi,
Langkah-langkah
Kegiatan
Pertemuan 1:
Tahap Kegiatan
|
Kegiatan Siswa/Guru
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
· Membuka pertemuan dengan kebaktian
singkat
· Memeriksa kehadiran siswa dan
mengumpulkan Buku Bukti Mengikuti Ibadah Minggu.
· Mengadakan apersepsi.
|
10
|
Kegiatan Inti
|
· Guru menyuruh siswa merenungi
diri tentang perubahan dalam dirinya
· Guru membagikan lembar kegiatan
untuk menginstropeksi diri.
· Siswa menyebutkan minat-minat
rekreasi remaja yang sering nampak.
· Siswa menyebukan minat-minat
social remaja yang sering nampak.
· Guru menyimpulkan dan menjelaskan
minat-minat remaja yangs erring nampak.
|
60
|
Kegiatan Penutup
|
· Guru menyimpulkan hasil
pembelajaran.
· Salah seorang siswa membawakan doa
penutup.
|
10
|
Pertemuan 2
Tahap Kegiatan
|
Kegiatan Siswa/Guru
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
· Membuka pertemuan dengan kebaktian
singkat
· Memeriksa kehadiran siswa dan
mengumpulkan Buku Bukti Mengikuti Ibadah Minggu.
· Mengadakan apersepsi.
|
10
|
Kegiatan Inti
|
· Siswa menjelaskan keberadaan
hubungannya dengan anggota keluarga lainnya di dalam rumahnya.
· Siswa menyebutkan jenis-jenis
pertentangan dalam keluarganya.
· Siswa menyebutkan sebab-sebab umum
yang menyebabkan terjadinya pertentangan dalam keluarganya.
· Guru dan siswa menyimpulkan
sebab-sebab umum terjadinya pertentangan remaja dengan anggota keluarga
lainnya.
· Guru menjelaskan konsekuensi yang
diterima remaja dalam usaha memperbaiki remaja dalam usaha memperbaiki
kepribadian.
|
60
|
Kegiatan Penutup
|
· Guru menyimpulkan hasil
pembelajaran.
· Salah seorang siswa membawakan doa
penutup.
|
10
|
Sumber,
Bahan dan Alat
1.
Sumber
a.
Alkitab
b. Buku PAK kelas X Penerbit Cipta Sarana
Mandiri
c.
Buku PAK
kelas X Penerbit Mitra
d. Dewasa Dalam Kristus, SLTA kelas 1
Penerbit Bina Medan Informasi
e. Suluh Siswa 1 Bertumbuh Dalam
Kristus kelas 10 Penerbit BPK Gunung Mulia.
f.
Teladan
Kehidupan 1 PAK SMA kelas X penerbit ANDI
2.
Bahan
Lembar
Kerja, Hasil Kerja Siswa, Bahan Presentasi
3.
Alat
Majalah, LCD
dan Komputer, TV dan kidung Jemaat
Penilaian
Indicator
|
Jenis Instrumen
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
Mengidentifikasi
cirri-ciri kepribadian remaja
|
Tugas Individu
|
Sikap
|
Terlampir 1
|
Pertanyaan lisan di kelas
|
Soal Uraian Bebas
|
1.
Menyebutkan
minat-minat yang ada pada dirinya!
2.
Seberapa
seringkah engkau bertengkar dengan saudaramu?
3.
Apa
alasanmu menentang keputusan orang tuamu?
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata
pelajaran
:
Pendidikan Agama Kristen
Satuan
Pendidikan
:
SMK Negeri ___
Kelas/Semester
:
X/1
Tahun
Pelajaran
:
2016-2017
Standar
Kompetensi
Mewujudkan
nilai-nilai kristiani dalam pergaulan antar pribadi dan kehidupan social dengan
menunjukkan bahwa remaja Kristen bertumbuh sebagai pribadi dewasa dan tidak
kehilangan identitas.
Kompetensi
Dasar
Mengalami
proses pertumbuhan sebagai pribadi yang dewasa dan memiliki karakter yang kokoh
dengan pola pikir komprehensif dalam segala aspek.
Indicator
Mengidentifikasi
cirri-ciri kepribadian remaja
Nilai
Karakter Bangsa
Religious,
Jujur, Disiplin, Kerja keras, Bersahabat/Komunikatif.
Alokasi
Waktu
2 x 40 menit
(1 Pertemuan)
Tujuan
Pembelajaran
Ø Menjelaskan tujuan remaja mencari
identitas.
Ø Menjelaskan alasan identitas
merupakan tahap sentral selama masa muda.
Ø Menginstropeksi keberadaan diri di
kelas kategori/kelompok identitas.
Ø Menjelaskan mekanisme pertahanan
yang ditempuh remaja dalam mengurangi kecemasan bagi yang belum menemukan
identitas.
Materi
Pembelajaran
Identitas
Kaum Muda
Metode
Pembelajaran
1.
Pendekatan
Pembelajaran
Pendekatan
proses, kontekstual, pembelajaran langsung, pemecahan masalah.
2.
Metode
Ceramah,
Tanya-jawab, Diskusi,
Langkah-langkah
Kegiatan
Pertemuan 1:
Tahap Kegiatan
|
Kegiatan Siswa/Guru
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
· Membuka pertemuan dengan kebaktian
singkat
· Memeriksa kehadiran siswa dan
mengumpulkan Buku Bukti Mengikuti Ibadah Minggu.
· Mengadakan apersepsi.
|
10
|
Kegiatan Inti
|
· Guru menjelaskan tujuan remaja
mencari identitas.
· Guru menjelaskan alasannya bahwa
identitas merupakan tahap sentral selama masa muda.
· Guru menyuruh siswa untuk
menginstropeksi diri keberadaan diri di kelas kategori/kelompok identitas.
· Siswa mengungkapkan
pertahanan-pertahanan yang biasa dilakukan untuk mengurangi kecemasan bagi
yang belum menemukan identitas.
· Guru menjelaskan mekanisme
pertahanan yang ditempuh remaja mengurangi kecemasan bagi yang belum
menemukan identitas.
|
60
|
Kegiatan Penutup
|
· Guru menyimpulkan hasil
pembelajaran.
· Salah seorang siswa membawakan doa
penutup.
|
10
|
Sumber,
Bahan dan Alat
1.
Sumber
a.
Alkitab
b. Buku PAK kelas X Penerbit Cipta
Sarana Mandiri
c.
Buku PAK
kelas X Penerbit Mitra
d. Dewasa Dalam Kristus, SLTA kelas 1
Penerbit Bina Medan Informasi
e. Suluh Siswa 1 Bertumbuh Dalam
Kristus kelas 10 Penerbit BPK Gunung Mulia.
f.
Teladan
Kehidupan 1 PAK SMA kelas X penerbit ANDI
2.
Bahan
Lembar
Kerja, Hasil Kerja Siswa, Bahan Presentasi
3.
Alat
Majalah, LCD
dan Komputer, TV dan kidung Jemaat
Penilaian
Indicator
|
Jenis Instrumen
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
Mengidentifikasi
cirri-ciri kepribadian remaja
|
Pertanyaan Lisan di kelas
|
Uraian Bebas
|
1.
Siapakah
kamu?
2.
Bagaimana
caramu mengenal dirimu lebih jauh?
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata
pelajaran
:
Pendidikan Agama Kristen
Satuan
Pendidikan
:
SMK Negeri ___
Kelas/Semester
:
X/1
Tahun
Pelajaran
:
2016-2017
Standar
Kompetensi
Mewujudkan
nilai-nilai kristiani dalam pergaulan antar pribadi dan kehidupan social dengan
menunjukkan bahwa remaja Kristen bertumbuh sebagai pribadi dewasa dan tidak
kehilangan identitas.
Kompetensi
Dasar
Mengalami
proses pertumbuhan sebagai pribadi yang dewasa dan memiliki karakter yang kokoh
dengan pola pikir komprehensif dalam segala aspek.
Indicator
Mengidentifikasi
perubahan remaja dalam mencapai kedewasaan dalam segala aspek
Nilai
Karakter Bangsa
Religious,
Jujur, Disiplin, Kerja keras, Bersahabat/Komunikatif.
Alokasi
Waktu
2 x 40 menit
(1 Pertemuan)
Tujuan
Pembelajaran
Ø Menjelaskan makna kedewasaan fisik.
Ø Menjelaskan keberadaan diri yang
harus diterima dan disyukuri.
Ø Menyebutkan pengertian emosi.
Ø Menjelaskan ungkapan emosi remaja
yang sebenarnya.
Ø Menjelaskan cara mengembangkan
emosi.
Ø Menemukan cara mengendalikan emosi
marah
Materi
Pembelajaran
Kedewasaan
Fisik dan Kedewasaan Emosi
Metode
Pembelajaran
1.
Pendekatan
Pembelajaran
Pendekatan
proses, kontekstual, pembelajaran langsung, pemecahan masalah.
2.
Metode
Ceramah,
Tanya-jawab, Diskusi,
Langkah-langkah
Kegiatan
Pertemuan 1:
Tahap Kegiatan
|
Kegiatan Siswa/Guru
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
· Membuka pertemuan dengan kebaktian
singkat
· Memeriksa kehadiran siswa dan mengumpulkan
Buku Bukti Mengikuti Ibadah Minggu.
· Mengadakan apersepsi.
|
10
|
Kegiatan Inti
|
· Guru menjelaskan makna kedewasaan
fisik.
· Menjelaskan keberadaan diri yang
harus diterima dan disyukuri.
· Guru bertanya kepada siswa tentang
pengertian emosi
· Guru menjelaskan makna emosi.
· Siswa mendiskusikan bentuk-bentuk
emosi.
· Guru menjelaskan ungkapan emosi
remaja yang sebenarnya.
· Siswa mendiskusikan cara
mengendalikan emosi marah.
· Guru dan siswa sama-sama
menyimpulkan cara mengendalikan emosi marah.
|
60
|
Kegiatan Penutup
|
· Guru menyimpulkan hasil
pembelajaran.
· Salah seorang siswa membawakan doa
penutup.
|
10
|
Sumber,
Bahan dan Alat
1.
Sumber
a.
Alkitab
b. Buku PAK kelas X Penerbit Cipta
Sarana Mandiri
c.
Buku PAK
kelas X Penerbit Mitra
d. Dewasa Dalam Kristus, SLTA kelas 1
Penerbit Bina Medan Informasi
e. Suluh Siswa 1 Bertumbuh Dalam
Kristus kelas 10 Penerbit BPK Gunung Mulia.
f.
Teladan
Kehidupan 1 PAK SMA kelas X penerbit ANDI
2.
Bahan
Lembar
Kerja, Hasil Kerja Siswa, Bahan Presentasi
3.
Alat
Majalah, LCD
dan Komputer, TV dan kidung Jemaat
Penilaian
Indicator
|
Jenis Instrumen
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
Mengidentifikasi
perubahan remaja dalam mencapai kedewasaan dalam segala aspek
|
Tugas Kelompok
|
Penugasan
|
Diskusikanlah bentuk-bentuk emosi!
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata
pelajaran
:
Pendidikan Agama Kristen
Satuan
Pendidikan
:
SMK Negeri ___
Kelas/Semester
:
X/1
Tahun
Pelajaran
:
2016-2017
Standar
Kompetensi
Mewujudkan nilai-nilai
kristiani dalam pergaulan antar pribadi dan kehidupan social dengan menunjukkan
bahwa remaja Kristen bertumbuh sebagai pribadi dewasa dan tidak kehilangan
identitas.
Kompetensi
Dasar
Mengalami
proses pertumbuhan sebagai pribadi yang dewasa dan memiliki karakter yang kokoh
dengan pola pikir komprehensif dalam segala aspek.
Indicator
Mengidentifikasi
perubahan remaja dalam mencapai kedewasaan dalam segala aspek
Nilai
Karakter Bangsa
Religious,
Jujur, Disiplin, Kerja keras, Bersahabat/Komunikatif.
Alokasi
Waktu
2 x 40 menit
(1 Pertemuan)
Tujuan
Pembelajaran
Ø Menjelaskan makna kedewasaan pola
pikir.
Ø Mengidentifikasi 4 pola pikir yang
perlu dikembangkan.
Ø Menemukan ciri karakteristik orang
dengan konsep diri positif.
Ø Menemukan cirri karakteristik orang
dengan konsep diri negative.
Ø Menjelaskan faktor-faktor menjalin
relasi dengan sesame.
Ø Menjelaskan macam-macam relasi
Materi
Pembelajaran
Kedewasaan
Pola Pikir, Kedewasaan Sosial: “Menjalin Relasi dengan Sesama”
Metode Pembelajaran
1.
Pendekatan
Pembelajaran
Pendekatan
proses, kontekstual, pembelajaran langsung, pemecahan masalah.
2.
Metode
Ceramah,
Tanya-jawab, Diskusi,
Langkah-langkah
Kegiatan
Pertemuan 1:
Tahap Kegiatan
|
Kegiatan Siswa/Guru
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
· Membuka pertemuan dengan kebaktian
singkat
· Memeriksa kehadiran siswa dan
mengumpulkan Buku Bukti Mengikuti Ibadah Minggu.
· Mengadakan apersepsi.
|
10
|
Kegiatan Inti
|
· Guru menjelaskan makna kedewasaan pola
pikir
· Guru Menjelaskan 4 pola pikir yang
perlu dikembangkan.
· Siswa mendiskusikan cirri
karakteristik orang dengan konsep diri positif.
· Siswa mendiskusikan cirri
karakteristik orang dengan konsep diri negative.
· Siswa mengungkapkan pendapatnya
faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya relasi dengan sesame.
· Guru menjelaskan macam-macam
relasi
|
60
|
Kegiatan Penutup
|
· Guru menyimpulkan hasil
pembelajaran.
· Salah seorang siswa membawakan doa
penutup.
|
10
|
Sumber,
Bahan dan Alat
1.
Sumber
a.
Alkitab
b. Buku PAK kelas X Penerbit Cipta
Sarana Mandiri
c.
Buku PAK
kelas X Penerbit Mitra
d. Dewasa Dalam Kristus, SLTA kelas 1
Penerbit Bina Medan Informasi
e. Suluh Siswa 1 Bertumbuh Dalam
Kristus kelas 10 Penerbit BPK Gunung Mulia.
f.
Teladan
Kehidupan 1 PAK SMA kelas X penerbit ANDI
2.
Bahan
Lembar
Kerja, Hasil Kerja Siswa, Bahan Presentasi
3.
Alat
Majalah, LCD
dan Komputer, TV dan kidung Jemaat
Penilaian
Indicator
|
Jenis Instrumen
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
Mengidentifikasi
perubahan remaja dalam mencapai kedewasaan dalam segala aspek
|
Pertanyaan lisan di kelas
|
Uraian Bebas
|
Apakah perbedaan pola pikir positif dan negatif.
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata
pelajaran
:
Pendidikan Agama Kristen
Satuan
Pendidikan
:
SMK Negeri ___
Kelas/Semester
:
X/1
Tahun
Pelajaran
:
2016-2017
Standar
Kompetensi
Mewujudkan
nilai-nilai kristiani dalam pergaulan antar pribadi dan kehidupan social dengan
menunjukkan bahwa remaja Kristen bertumbuh sebagai pribadi dewasa dan tidak
kehilangan identitas.
Kompetensi
Dasar
Mengalami
proses pertumbuhan sebagai pribadi yang dewasa dan memiliki karakter yang kokoh
dengan pola pikir komprehensif dalam segala aspek.
Indicator
Mengidentifikasi
perubahan remaja dalam mencapai kedewasaan dalam segala aspek
Nilai
Karakter Bangsa
Religious,
Jujur, Disiplin, Kerja keras, Bersahabat/Komunikatif.
Alokasi
Waktu
2 x 40 menit
(1 Pertemuan)
Tujuan
Pembelajaran
Ø Menjelaskan arti kata “takut”
Ø Menjelaskan jenis takut menurut
Ensklopedi Alkitab Masa Kini.
Ø Menjelaskan alasan takut akan Tuhan.
Ø Menentukan tanggapan dan sikap yang
takut akan Tuhan.
Materi
Pembelajaran
Kedewasaan
Iman: “Takut Akan Tuhan”
Metode
Pembelajaran
1.
Pendekatan
Pembelajaran
Pendekatan
proses, kontekstual, pembelajaran langsung, pemecahan masalah.
2.
Metode
Ceramah,
Tanya-jawab, Diskusi,
Langkah-langkah
Kegiatan
Pertemuan 1:
Tahap Kegiatan
|
Kegiatan Siswa/Guru
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
· Membuka pertemuan dengan kebaktian
singkat
· Memeriksa kehadiran siswa dan
mengumpulkan Buku Bukti Mengikuti Ibadah Minggu.
· Mengadakan apersepsi.
|
10
|
Kegiatan Inti
|
· Guru bertanya kepad a siswa
tentang hal-hal yang paling ditakuti dalam hidupnya sehari.
· Siswa menjawab guru.
· Menjelaskan arti Takut menurut
Ensklopedi Alkitab Masa Kini
· Guru menjelaskan alasan takut akan
Tuhan
· Siswa menentukan sikap dan
tanggapan yang takut akan Tuhan
|
60
|
Kegiatan Penutup
|
· Guru menyimpulkan hasil
pembelajaran.
· Salah seorang siswa membawakan doa
penutup.
|
10
|
Sumber,
Bahan dan Alat
1.
Sumber
a.
Alkitab
b. Buku PAK kelas X Penerbit Cipta
Sarana Mandiri
c.
Buku PAK
kelas X Penerbit Mitra
d. Dewasa Dalam Kristus, SLTA kelas 1
Penerbit Bina Medan Informasi
e. Suluh Siswa 1 Bertumbuh Dalam
Kristus kelas 10 Penerbit BPK Gunung Mulia.
f.
Teladan
Kehidupan 1 PAK SMA kelas X penerbit ANDI
2.
Bahan
Lembar
Kerja, Hasil Kerja Siswa, Bahan Presentasi
3.
Alat
Majalah, LCD
dan Komputer, TV dan kidung Jemaat
Penilaian
Indicator
|
Jenis Instrumen
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
Mengidentifikasi
perubahan remaja dalam mencapai kedewasaan dalam segala aspek
|
Tugas Individu
|
Sikap
|
Terlampir 2
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata
pelajaran
:
Pendidikan Agama Kristen
Satuan
Pendidikan
:
SMK Negeri ___
Kelas/Semester
:
X/1
Tahun
Pelajaran
:
2016-2017
Standar
Kompetensi
Mewujudkan
nilai-nilai kristiani dalam pergaulan antar pribadi dan kehidupan social dengan
menunjukkan bahwa remaja Kristen bertumbuh sebagai pribadi dewasa dan tidak
kehilangan identitas.
Kompetensi
Dasar
Mengalami
proses pertumbuhan sebagai pribadi yang dewasa dan memiliki karakter yang kokoh
dengan pola pikir komprehensif dalam segala aspek.
Indicator
Mengidentifikasi
perubahan remaja dalam mencapai kedewasaan dalam segala aspek
Nilai
Karakter Bangsa
Religious,
Jujur, Disiplin, Kerja keras, Bersahabat/Komunikatif.
Alokasi
Waktu
2 x 40 menit
(1 Pertemuan)
Tujuan
Pembelajaran
Ø Menjelaskan pengertian iman.
Ø Menjelaskan pengertian Hkmat.
Ø Menjelaskan hubungan hikmat dan
iman.
Ø Menjelaskan 4 tipe manusia dalam
kehidupan sehari-hari.
Ø Mendiskusikan tantangan yang sering
dihadapi remaja.
Ø Menentukan sikap untuk memakai
sennjata dalam menghadapi tantangan.
Materi
Pembelajaran
Kedewasaan
Iman: Hikmat dan Iman”
Metode
Pembelajaran
1.
Pendekatan
Pembelajaran
Pendekatan
proses, kontekstual, pembelajaran langsung, pemecahan masalah.
2.
Metode
Ceramah,
Tanya-jawab, Diskusi,
Langkah-langkah
Kegiatan
Pertemuan 1:
Tahap Kegiatan
|
Kegiatan Siswa/Guru
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
· Membuka pertemuan dengan kebaktian
singkat
· Memeriksa kehadiran siswa dan
mengumpulkan Buku Bukti Mengikuti Ibadah Minggu.
· Mengadakan apersepsi.
|
10
|
Kegiatan Inti
|
· Guru menjelaskan pengertian Iman
dan hikmat.
· Guru menjelaskan hubungan iman dan
hikmat.
· Guru menjelaskan 4 tipe manusia.
· Siswa menentukan dirinya ke dalam
4 tipe manusia.
· Guru membagi siswa dalam beberapa
kelompok.
· Siswa dalam kelompok mendiskusikan
tantangan yang sering dihadapi oleh remaja
· Siswa menentukan sikap untuk
memakai senjata dalam menghadapi tantangan iman.
|
60
|
Kegiatan Penutup
|
· Guru menyimpulkan hasil
pembelajaran.
· Salah seorang siswa membawakan doa
penutup.
|
10
|
Sumber,
Bahan dan Alat
1.
Sumber
a.
Alkitab
b. Buku PAK kelas X Penerbit Cipta
Sarana Mandiri
c.
Buku PAK
kelas X Penerbit Mitra
d. Dewasa Dalam Kristus, SLTA kelas 1
Penerbit Bina Medan Informasi
e. Suluh Siswa 1 Bertumbuh Dalam
Kristus kelas 10 Penerbit BPK Gunung Mulia.
f.
Teladan
Kehidupan 1 PAK SMA kelas X penerbit ANDI
2.
Bahan
Lembar
Kerja, Hasil Kerja Siswa, Bahan Presentasi
3.
Alat
Majalah, LCD
dan Komputer, TV dan kidung Jemaat
Penilaian
Indicator
|
Jenis Instrumen
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
Mengidentifikasi
perubahan remaja dalam mencapai kedewasaan dalam segala aspek
|
Tugas Kelompok
|
Penugasan
|
Diskusikanlah sikap yang baik dalam menghadapi
cobaan iman.
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata
pelajaran
:
Pendidikan Agama Kristen
Satuan
Pendidikan
:
SMK Negeri ___
Kelas/Semester
:
X/1
Tahun
Pelajaran
:
2016-2017
Standar
Kompetensi
Mewujudkan
nilai-nilai kristiani dalam pergaulan antar pribadi dan kehidupan social dengan
menunjukkan bahwa remaja Kristen bertumbuh sebagai pribadi dewasa dan tidak
kehilangan identitas.
Kompetensi
Dasar
Mengalami
proses pertumbuhan sebagai pribadi yang dewasa dan memiliki karakter yang kokoh
dengan pola pikir komprehensif dalam segala aspek.
Indicator
Mengidentifikasi
perubahan remaja dalam mencapai kedewasaan dalam segala aspek
Nilai
Karakter Bangsa
Religious,
Jujur, Disiplin, Kerja keras, Bersahabat/Komunikatif.
Alokasi
Waktu
2 x 40 menit
(1 Pertemuan)
Tujuan
Pembelajaran
Ø Menjelaskan makna kebenaran menurut
Alkitab.
Ø Menjelaskan makna bahwa hukum Taurat
tidak membenarkan.
Ø Menjelaskan bahwa manusia dibenarkan
karena iman.
Ø Menjelaskan tujuan sikap keteladanan
hidup.
Ø Mendiskusikan tanggung jawab orang
Kristen sebagai orang beriman.
Ø Menyebutkan faktor-faktor yang
berpean dalam pembentukan karakter.
Ø Mengidentifikasi tindakan remaja
Kristen yang sesuai dengan nilai-nlai kristiani.
Ø Menyimpulkan uraian remaja yang
kristiani.
Materi
Pembelajaran
Kedewasaan
Iman: “Teladan Dalam Kebenaran dan Tanggung Jawab” dan Kedewasaan karakter:
“Remaja yang Kristiani.”
Metode
Pembelajaran
1.
Pendekatan
Pembelajaran
Pendekatan
proses, kontekstual, pembelajaran langsung, pemecahan masalah.
2.
Metode
Ceramah,
Tanya-jawab, Diskusi,
Langkah-langkah
Kegiatan
Pertemuan 1:
Tahap Kegiatan
|
Kegiatan Siswa/Guru
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
· Membuka pertemuan dengan kebaktian
singkat
· Memeriksa kehadiran siswa dan
mengumpulkan Buku Bukti Mengikuti Ibadah Minggu.
· Mengadakan apersepsi.
|
10
|
Kegiatan Inti
|
· Guru menjelaskan makna kebenaran
menurut Alkitab.
· Siswa memberikan pendapatnya
mengenai perbedaan ajaran hukum Taurat dengan ajaran Kristus.
· Guru menjelaskan makna bahwa hukum
Taurat tidak membenarkan.
· Guru menjelaskan makna bahwa
manusia dibenarkan karena iman.
· Guru menjelaskan tujuan sikap
keteladanan hidup.
· Guru membagi siswa membagi siswa
dalam beberapa kelompok.
· Siswa mendiskusikan tanggung jawab
orngan Kristen sebagai orang beriman.
· Guru menjelaskan faktor-faktor
yang berperan dalam pembentukan karakter.
· Siswa mengidentifikasi tindakan
remaja Kristen yang sesuai dengan nilai-nilai kristani.
· Siswa menyimpulkan uraian
guru tentang remaja yang kristiani.
|
60
|
Kegiatan Penutup
|
· Guru menyimpulkan hasil
pembelajaran.
· Salah seorang siswa membawakan doa
penutup.
|
10
|
Sumber,
Bahan dan Alat
1.
Sumber
a.
Alkitab
b. Buku PAK kelas X Penerbit Cipta
Sarana Mandiri
c.
Buku PAK
kelas X Penerbit Mitra
d. Dewasa Dalam Kristus, SLTA kelas 1
Penerbit Bina Medan Informasi
e. Suluh Siswa 1 Bertumbuh Dalam
Kristus kelas 10 Penerbit BPK Gunung Mulia.
f.
Teladan
Kehidupan 1 PAK SMA kelas X penerbit ANDI
2.
Bahan
Lembar
Kerja, Hasil Kerja Siswa, Bahan Presentasi
3.
Alat
Majalah, LCD
dan Komputer, TV dan kidung Jemaat
Penilaian
Indicator
|
Jenis Instrumen
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
Mengidentifikasi
perubahan remaja dalam mencapai kedewasaan dalam segala aspek
|
Pertanyaan lisan di kelas
|
Uraian Bebas
|
Uraikanlah tanggung jawab orang Kristen sebagai
orang beriman.
|
Ulangan Harian
|
Soal Uraian Terbatas
|
1.
Sebutkanlah
pengertian kepribadian yang dewasa!
2.
Sebutkanlah
kedewasaan yang bagaimanakah harus dicapai oleh remaja?
3.
Ada 4 pola
pikir, sebutkan!
4.
Jelaskanlah
alasan kita takut akan Tuhan?
5.
Ada 4 tipe
,manusia dalam kehidupan sehari-hari, sebutkan!
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata
pelajaran
:
Pendidikan Agama Kristen
Satuan
Pendidikan
:
SMK Negeri ___
Kelas/Semester
:
X/1
Tahun
Pelajaran
:
2016-2017
Standar
Kompetensi
Mewujudkan
nilai-nilai kristiani dalam pergaulan antar pribadi dan kehidupan social dengan
menunjukkan bahwa remaja Kristen bertumbuh sebagai pribadi dewasa dan tidak
kehilangan identitas.
Kompetensi
Dasar
Mengidentifikasi
berbagai pergumulan dalam keluarga dalam kaitannya dengan perngaruh modernisasi
Indicator
Mengidentifikasi
pengaruh modernisasi terhadap keluarga.
Nilai
Karakter Bangsa
Religious,
Disiplin, Demokratis, rasa ingin tahu, bersahabat/komunikatif dan tanggung
jawab.
Alokasi
Waktu
4 x 40 menit
(2 Pertemuan)
Tujuan
Pembelajaran
Ø Menyebutkan problematika yang
dihadapi keluarga.
Ø Menjelaskan pengaruh kemajuan
komunikasi terhadap keluarga.
Ø Menjelaskan pengaruh banyaknya
wanita karier dalam keluarga.
Ø Mnejlaskan pengaruh motto: Bekerja
Tanpa Henti” terhadap keluarga.
Ø Menjelaskan pengaruh gaya hidup
modern terhadap keluarga.
Ø Menjelaskan faktor-faktor yang
menyebabkan terjadinya kekerasan dalam keluarga.
Materi
Pembelajaran
Problematikan
yanmg dihadapi oleh keluarga
Metode
Pembelajaran
1.
Pendekatan
Pembelajaran
Pendekatan
proses, kontekstual, pembelajaran langsung, pemecahan masalah.
2.
Metode
Ceramah,
Tanya-jawab, Diskusi,
Langkah-langkah
Kegiatan
Pertemuan 1:
Tahap Kegiatan
|
Kegiatan Siswa/Guru
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
· Membuka pertemuan dengan kebaktian
singkat
· Memeriksa kehadiran siswa dan
mengumpulkan Buku Bukti Mengikuti Ibadah Minggu.
· Mengadakan apersepsi.
|
10
|
Kegiatan Inti
|
· Siswa menuliskan ke dalam 1 lembar
kertas probelema-problema yangh dihadapi oleh keluarganya masing-masing.
· Guru menjelaskan problema-problema
yang sering dihadapi oleh keluarga.
· Guru menjelaskan pengaruh kemajuan
komunikasi terhadap keluarga.
· Guru menjelaskan mengaruh adanya
wanita karier terhadap keluarga.
· Guru dan siswa berdiskusi
contoh-contoh kemajuan komunikasi.
|
60
|
Kegiatan Penutup
|
· Guru menyimpulkan hasil
pembelajaran.
· Salah seorang siswa membawakan doa
penutup.
|
10
|
Pertemuan 2
Tahap Kegiatan
|
Kegiatan Siswa/Guru
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
· Membuka pertemuan dengan kebaktian
singkat
· Memeriksa kehadiran siswa dan
mengumpulkan Buku Bukti Mengikuti Ibadah Minggu.
· Mengadakan apersepsi.
|
10
|
Kegiatan Inti
|
· Guru menjelaskan p=engaruh motto
“Bekerja Tanpa Henmti” terhadap keluarga.
· Guru menjelaskan pengaruh gaya
hidup modern terhadap keluarga.
· Guru menjelaskan faktor-faktor
yang menyebabkan terjadinya kekerasan dalam kelaurga.
|
60
|
Kegiatan Penutup
|
· Guru menyimpulkan hasil
pembelajaran.
· Salah seorang siswa membawakan doa
penutup.
|
10
|
Sumber,
Bahan dan Alat
1.
Sumber
a.
Alkitab
b. Buku PAK kelas X Penerbit Cipta
Sarana Mandiri
c.
Buku PAK
kelas X Penerbit Mitra
d. Dewasa Dalam Kristus, SLTA kelas 1
Penerbit Bina Medan Informasi
e. Suluh Siswa 1 Bertumbuh Dalam
Kristus kelas 10 Penerbit BPK Gunung Mulia.
f.
Teladan Kehidupan
1 PAK SMA kelas X penerbit ANDI
2.
Bahan
Lembar
Kerja, Hasil Kerja Siswa, Bahan Presentasi
3.
Alat
Majalah, LCD
dan Komputer, TV dan kidung Jemaat
Penilaian
Indicator
|
Jenis Instrumen
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
Mengidentifikasi
pengaruh modernisasi terhadap keluarga
|
Tugas Individu
|
Observasi
|
Tuliskanlah problema yang dihadapi oleh keluarga.
|
Tugas Kelompok
|
Penugasan
|
Mencari akibat orang tua yang terlalu sibuk di luar
terhadap keluarga
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata
pelajaran
:
Pendidikan Agama Kristen
Satuan
Pendidikan
:
SMK Negeri ___
Kelas/Semester
:
X/1
Tahun
Pelajaran
:
2016-2017
Standar
Kompetensi
Mewujudkan
nilai-nilai kristiani dalam pergaulan antar pribadi dan kehidupan social dengan
menunjukkan bahwa remaja Kristen bertumbuh sebagai pribadi dewasa dan tidak
kehilangan identitas.
Kompetensi
Dasar
Mengidentifikasi
berbagai pergumulan dalam keluarga dalam kaitannya dengan perngaruh modernisasi
Indicator
Mengidentifikasi
pengaruh modernisasi terhadap keluarga.
Nilai
Karakter Bangsa
Religious,
Disiplin, Demokratis, rasa ingin tahu, bersahabat/komunikatif dan tanggung
jawab.
Alokasi
Waktu
2 x 40 menit
(1 Pertemuan)
Tujuan
Pembelajaran
Ø Menjelaskan sentralisasi keluarga
dalam pemenuhan kebutuhan anak.
Ø Menjelaskan sikap yang perlu
diungkapkan dalam keluarga dalam menjaga keharmonisan keluarga
Materi
Pembelajaran
Menyikapi
Gaya Hidup Modern Demi Keharmonisan Keluarga
Metode
Pembelajaran
1.
Pendekatan
Pembelajaran
Pendekatan
proses, kontekstual, pembelajaran langsung, pemecahan masalah.
2.
Metode
Ceramah,
Tanya-jawab, Diskusi,
Langkah-langkah
Kegiatan
Pertemuan 1:
Tahap Kegiatan
|
Kegiatan Siswa/Guru
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
· Membuka pertemuan dengan kebaktian
singkat
· Memeriksa kehadiran siswa dan
mengumpulkan Buku Bukti Mengikuti Ibadah Minggu.
· Mengadakan apersepsi.
|
10
|
Kegiatan Inti
|
· Siswa memberitahukan akan
kedudukannya di dalam keluarga.
· Siswa memberitahukan apa-apa yang
dibutuhkan oleh dirinya di dalam kelaurga.
· Guru menjelaskan sentralisasi
keluarga dalam pemenuhan kebutuhan anak.
· Guru menjelaskan sikap yang perlu
diungkapkan dalam keluarga dalam menjaga keharmonisan keluarga.
|
60
|
Kegiatan Penutup
|
· Guru menyimpulkan hasil
pembelajaran.
· Salah seorang siswa membawakan doa
penutup.
|
10
|
Sumber,
Bahan dan Alat
1.
Sumber
a.
Alkitab
b. Buku PAK kelas X Penerbit Cipta
Sarana Mandiri
c.
Buku PAK
kelas X Penerbit Mitra
d. Dewasa Dalam Kristus, SLTA kelas 1
Penerbit Bina Medan Informasi
e. Suluh Siswa 1 Bertumbuh Dalam
Kristus kelas 10 Penerbit BPK Gunung Mulia.
f.
Teladan
Kehidupan 1 PAK SMA kelas X penerbit ANDI
2.
Bahan
Lembar
Kerja, Hasil Kerja Siswa, Bahan Presentasi
3.
Alat
Majalah, LCD
dan Komputer, TV dan kidung Jemaat
Penilaian
Indicator
|
Jenis Instrumen
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
Mengidentifikasi
pengaruh modernisasi terhadap keluarga
|
Tugas Individu
|
Portofolio
|
Mengumpuolkan semua hasil tugas individu dan
kelompok
|